Kamis, 29 Maret 2012

RPP KELAS 4 MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD
Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester          : IV/ 1
Hari/Tanggal               : Rabu, 22 September 2010
Alokasi waktu            : 3 x 35 menit
(1 x pertemuan)
 


STANDAR KOMPETENSI
Bilangan
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
1.5. Melakukan penaksiran dan pembulatan
INDIKATOR
Selesai pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
    1. Melakukan operasi hitung taksiran harga menggunakan nilai mata uang
II.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui mengerjakan soal dengan media uang mainan, siswa mampu melakukan operasi hitung taksiran harga menggunakan nilai mata uang ratusan terdekat.
2.      Melalui mengerjakan soal dengan media uang mainan, siswa mampu melakukan operasi hitung taksiran harga menggunakan nilai mata uang ribuan terdekat.
3.      Dengan contoh soal tentang cara menaksir kumpulan harga barang, siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan tepat.
4.      Melalui mengerjakan soal, siswa mampu melakukan operasi hitung taksiran harga dalam kehidupan sehari-hari.

I.       MATERI POKOK
MATEMATIKA : Penaksiran harga

II.    LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Pengorganisasian
Kelas
Waktu
1
Kegiatan Awal
·         Salam
·         Absensi
·         Apersepsi
“Anak-anak pernahkah kalian membantu ibu berbelanja? Apa saja yang kalian beli? Berapa harga masing-masing barang yang kalian butuhkan tersebut? Kira-kira berapakah uang yang kalian bawa agar cukup untuk membayar barang-barang yang kalian beli?”
·         Eksplorasi materi
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini
·         Eksplorasi tujuan
Guru menjelaskan tujuan belajar yang akan dicapai dan langkah kegiatan belajar yang dilakukan siswa

Klasikal
10 Menit
2
Kegiatan Inti
·         Siswa diberi penjelasan singkat tentang materi
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
·         Guru menuliskan beberapa contoh soal
·         Perwakilan tiap kelompok maju kedepan untuk mengerjakan soal.
·         Guru dan siswa secara bersama-sama mengoreksi jawaban yang telah dikerjakan
·         Guru membagikan lembar tugas kelompok dan media uang mainan kepada tiap kelompok
·         Siswa mengerjakan tugas sesuai petunjuk guru
·         Siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya
·         Guru berkeliling membimbing kegiatan kelompok
·         Siswa bersama dengan guru membahas LKS
·         Perwakilan tiap kelompok menuliskan hasil diskusi kelompoknya dipapan tulis
·         Siswa bersama guru menyimpulkan materi


Klasikal

Kelompok
85 Menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
·         Guru memberikan penguatan kepada siswa atas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·         Guru mengadakan refleksi tentang hasil belajar yaitu menanyakan kesan dan pesan dari siswa sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran berikutnya
·         Guru meminta siswa mengembalikan posisi duduk kebentuk semula
·         Ucapan salam

Klasikal
10 Menit

III. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran      : Ceramah, Pemberian tugas, Diskusi, Unjuk kerja
Model Pembelajaran        : Diskusi kelompok

IV. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·         MEDIA
-          Uang mainan
-          Lembar kerja siswa
·         SUMBER BELAJAR
-          Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas IV Semester I
-          Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika 4 Untuk SD dan MI Kelas IV . Jakarta:CV. Buana Raya


V.       PENILAIAN
a.       Prosedur                       : Proses dan Produk
b.      Teknik penilaian           : Tertulis
c.       Bentuk penilaian           : Subjektif
d.                                                                                 Alat penilaian            : LKS, kunci jawaban, lembar pengamatan dan lembar hasil


Blitar, .............................
Guru kelas / Guru pamong





Erwin Putera Permana

 

LAMPIRAN
·         RANGKUMAN MATERI
·         MEDIA UANG MAINAN
·         LEMBAR KEGIATAN SISWA
·         KUNCI JAWABAN LKS, PEDOMAN PENSKORAN
·         LEMBAR PENGAMATAN


RANGKUMAN MATERI
PENAKSIRAN
Untuk melakukan penaksiran operasi hitung uang dalam
satuan atau lebih, dapat dilakukan dengan pembulatan sampai ribuan terdekat

Contoh soal :
Di koperasi sekolah dijual beragam barang kebutuhan sekolah
seperti buku, pensil, bolpoin, dan penghapus. Daftar harga barangbarang
di koperasi sekolah adalah sebagai berikut.
Buku gambar Rp1.675,00
Pensil Rp950,00
Buku tulis Rp1.450,00
Penghapus Rp675,00
Bolpoin Rp1.275,00
Rautan Rp750,00
Jika Abid ingin membeli 2 buku tulis, 1 bolpoin, dan 1 penghapus,
kira-kira berapa banyaknya uang yang harus dimiliki Abid?               
Coba kalian selesaikan bersama
Dengan prinsip dasar pembulatan ke ratusan terdekat, dapat
kalian peroleh pembulatan sebagai berikut.
Rp1.450,00 dibulatkan menjadi Rp1.500,00
Rp1.275,00 dibulatkan menjadi Rp1.300,00
Rp   675,00 dibulatkan menjadi Rp   700,00
Maka jumlah harganya adalah:
2 buku tulis 2 × Rp1.500,00 = Rp3.000,00
    1 bolpoin 1 × Rp1.300,00 = Rp1.300,00
    1 penghapus 1 × Rp700,00 = Rp 700,00
                                                                     +
                                 Jumlah = Rp5.000,00
·         Jadi, Abid harus memiliki uang kurang lebih Rp5.000,00.
 

MEDIA UANG MAINAN
 CARI SENDIRI YA........

LEMBAR KERJA SISWA
                                 Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar
                                 Mata Pelajaran               : Matematika
                                 Kelas / Semester             : IV (empat) / I (satu)
                                 Hari / Tanggal                : Rabu, 22 September 2010
 

Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.

A.   Lengkapilah titik-titik dibawah ini.
1.      Berapakah nilai jumlah semua uang yang dibagikan gurumu?
2.   Taksirkan jumlah uang yang diberikan gurumu menggunakan penaksiran terbaik!
3.      Sinta membeli 3 penjepit rambut yang harga setiap buahnya Rp735,00. Setelah itu, ia membeli 2 helai pita rambut dengan harga Rp1.260,00 setiap helai dan sebuah sisir seharga Rp975,00. Berapakah kurang lebih uang yang dibelikan Sinta?
4.      Ibu menyuruh Ema dan Menik untuk membeli 2 buku, Dari 3 toko yang telah didatangi diperoleh harga buku merk yang sama masing-masing adalah Rp2.750,00; Rp2.915,00; dan Rp3.075,00.
Jawablah pertanyaan di bawah ini.
a.       Berapakah harga yang paling mahal?
b.      Berapakah harga yang paling murah?
c.       Urutkan dari harga yang paling murah.
d.      Taksirkan berapa jumlah uang yang akan ibu keluarkan untuk membeli 2 buku yang paling murah!
5.      Bibi Umi membeli masing-masing 1 kilogram Anggur, Rambutan dan Kelengkeng. Harga sekilo Anggur dan sekilo Kelengkeng sama, yaitu Rp9.780,00. Sedangkan harga sekilo Rambutan adalah Rp4.135,00. Berapa kira-kira uang yang dihabiskan Bibi Umi untuk membeli ketiga buah tersebut?

Kunci jawaban LKS
1.      Menyusul
2.      Menyusul
3.      Rp 2.100,00 + Rp 2.600,00 + Rp 1.000, 00 = Rp 5.700,00
4.      Rp2.915,00; Rp3.075,00; dan Rp2.755,00
a.       Rp3.075,00.
b.      Rp2.755,00
c.       Rp2.755,00; Rp2.915,00; dan Rp3.075,00
d.      Rp2.800,00 + Rp2.800,00 = Rp 5.600, 00
5.      Rp9.800,00 + Rp9.800,00 + Rp4.100,00 = Rp23.700,00
LEMBAR PENGAMATAN

No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Skor
Keaktifan
Kerjasama
Sikap
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21






Keterangan Penilaian
Skor maksimum : 100


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar