RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas/Semester :
II / 1
Tema :
Keluargaku
Hari/Tanggal :
Senin, 30 Agustus 2010
Alokasi waktu :
2 x 30 menit
(1 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
Pendidikan Kewarganegaraan:
- Membiasakan hidup bergotong royong
Bahasa Indonesia:
Membaca
3. Memahami teks pendek
dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Ilmu Pengetahuan Sosial :
1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
KOMPETENSI DASAR
Pendidikan Kewarganegaraan:
1.1.
Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
Bahasa
Indonesia :
3.1. Menyimpulkan isi teks pendek (10-15
kalimat) yang dibaca dengan membaca
lancar
Ilmu Pengetahuan Sosial :
1.3. Menceriakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
INDIKATOR
Selesai pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
1. Menyebutkan contoh hidup rukun, saling
berbagi dan tolong menolong.
2. Menyebutkan manfaat hidup rukun, saling
berbagi dan tolong menolong.
3. Membaca teks cerita dengan lafal dan
intonasi yang tepat
4. Menceritakan peristiwa penting dalam
keluarga menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri
5. Membedakan tindakan yang mencerminkan
sikap hidup rukun dan tidak rukun
I. PENGEMBANGAN INDIKATOR/TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan membaca cerita
pendek, siswa mampu membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi dengan benar.
2.
Melalui pengamatan terhadap
gambar, siswa mampu membedakan tindakan yang mencerminkan sikap hidup rukun dan
tidak rukun dengan benar
3. Melalui bermain peran, siswa mampu
menjelaskan contoh hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
4.
Melalui kegiatan menceritakan peristiwa penting dalam
keluarga, siswa mampu menggunakan kalimat atau
kata-kata sendiri dengan benar.
5.
Melalui kegiatan tanya jawab,
siswa mampu menyebutkan manfaat hidup rukun dengan benar
6. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa mampu
menyebutkan manfaat saling berbagi dengan benar
7. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa mampu
menyebutkan manfaat tolong menolong dengan benar
II. MATERI POKOK
PKN :
Hidup rukun, saling berbagi
dan tolong menolong
B INDO : Membaca dan
menyimpulkan isi teks pendek
IPS : Menceriakan
peristiwa penting dalam keluarga
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Kelas
|
Waktu
|
||
1
|
Kegiatan Awal
·
Salam
·
Doa
·
Absensi
·
Apersepsi
Gunu mengucapkan salam dan menanyakan kabar hari ini serta mengajak
bernyanyi bersama
Guru menyuruh satu siswa mengangkat meja, dan guru meminta siswa lain
membantu mengangkat meja
·
Eksplorasi
materi
Anak-anak siapa yang tugas piket hari ini? Ada tidak anggota piket hari
ini yang tidak melaksanakan tugasnya? Pada saat kalian mengerjakan piket
kalian saling berbagi tugas apa tidak? Apakah kalian juga tolong menolong
sesama anggota? Kalau
dikerjakan bersama-sama kalian merasakan apa? Apakah lebih cepat selesai?
Apakah terasa lebih ringan?
·
Eksplorasi
tujuan
Nah, anak-anak hari ini kita akan belajar tentang saling berbagi, tolong
menolong dan pentingnya hidup rukun
|
2
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Siswa dibagi 3 kelompok
·
Siswa
diberi bacaan berupa cerita pendek oleh guru.
·
Siswa
membaca dan melengkapi cerita tersebut.
·
Guru
menunjukkan contoh gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak
rukun.
·
Siswa
mengidentifikasi tentang gambar yang menunjukan contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun
·
Beberapa
siswa maju ke depan kelas untuk memperagakan contoh hidup rukun, saling
berbagi dan tolong menolong
·
Perwakilan
kelompok maju ke depan kelas untuk menceritakan peristiwa penting dalam
keluarga yang berhubungan dengan hidup rukun, saling berbagi dan tolong
menolong.
·
Guru mengadakan kegiatan
tanya jawab yang mengarah pada pemahaman siswa tentang manfaat hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong.
·
Siswa menceritakan dengan
bahasa sendiri manfaat sikap hidup rukun di rumah, sekolah, dan masyarakat
|
2
|
35 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
·
Siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum dimengerti
·
Siswa menerima soal akhir
dari guru
·
Siswa mengerjakan soal akhir
secara individual
·
Siswa bersama guru membahas soal akhir secara umum
·
Guru mengadakan refleksi tentang hasil belajar yaitu menanyakan kesan
dan pesan dari siswa sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran
berikutnya
|
2
|
15 menit
|
IV. METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN :
Pemberian tugas, Role Playing, Tanya jawab,
MODEL PEMBELAJARAN :
Tematik Integrated
V. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·
MEDIA
-
Cerita Pendek
-
Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun
-
Lembar kerja siswa
·
SUMBER BELAJAR
-
Buku PKn kelas 2
-
Buku Bahasa Indonesia kelas 2
-
Buku
Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 2
VI. PENILAIAN
a.
Prosedur : Proses dan Produk
b.
Jenis penilaian : Test
dan Non test
c. Teknik penilaian : tulis, lisan,
perbuatan, sikap
d.
Bentuk penilaian
: Subjektif
e.
Alat
penilaian : Soal, Kunci jawaban
dan standar penskoran, dan rubrik
Blitar, .............................
|
LAMPIRAN
·
RANGKUMAN MATERI
·
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
·
SOAL,
KUNCI JAWABAN, PEDOMAN PENSKORAN
·
LEMBAR
PENGAMATAN
·
RUBRIK
PENILAIAN
Nama :
_______________________
No Absen : _______________________
Kelas : _______________________
Bacalah bacaan berikut ini, kemudian kalian lengkapi
sehingga menjadi bacaan yang lengkap!
Kerja
Bakti Membersihkan Sekolah
hari
minggu pagi, anak-anak mengadakan kerja bakti membersihkan sekolah. adi membawa
sapu lidi, anto membawa lap kaca, dan dina membawa kemoceng. pak roni sedang mengecat tembok di taman
kecil depan kelas. bu alya sibuk menemani anak-anak membersihkan kelas. kelas
terlihat bersih dan rapi. anak-anak hidup rukun dan tolong-menolong. ibu guru
senang dengan sikap anak-anak. jika kerja bakti dikerjakan bersama-sama pekerjaan
akan terasa . . . . . . . . . . .
.
MEDIA GAMBAR CARI AJA SENDIRI.. POKOKNYA SESUAI DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN,,, OKE... SALAM ERWIN...
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
singkat!
1.
Apa manfaat hidup rukun?
2. Mengapa
dengan teman harus saling berbagi dan tolong-menolong?
3. Dimana kita
harus hidup saling berbagi dan tolong-menolong?
4.
Sebutkan 3 contoh hidup rukun!
5. Bagaimana
sikapmu jika ada teman yang tidak ikut gorong royong?
1. Agar tercipta suasana aman dan tentram
2. Karena kita sebagai sesama manusia saling membutuhkan satu
sama lain
3. Dimana
dan kapan saja
4. Saling
membantu sesama teman, menolong teman yang terjatuh dari sepeda, dan membantu
teman yang membutuhkan bantuan
5. Menegur dan mengingatkan agar mau membantu bergotong royong
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : …………… Semester :
……………
Pokok Bahasan : …………… Pelaksanaan
Tanggal : ……………
Sub Pokok Bahasan : ....................
No
|
Nama
|
Perilaku
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Bekerja
sama
|
Berinisiatif
|
Penuh
Perhatian
|
Teliti
|
||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian: Score maksimum = 12
Kriteria Penilaian:
1 : Kurang
1 : Kurang
2 : Baik
3 : Sangat baik
PENGAMATAN
TES AKHIR
Mata Pelajaran : …………… Semester
: ……………
Pokok Bahasan : …………… Pelaksanaan Tanggal : ……………
Sub Pokok Bahasan : ....................
No
|
Nama
|
Nomor Soal
|
Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Skore maksimum = 20
Tidak ada komentar:
Posting Komentar