47. Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah
(MI)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata
pelajaran yang diberikan mulai dari
SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS
mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan
dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi
Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta
didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di
masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena
kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena
itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman,
dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki
kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata
pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses
pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat.
Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman
yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
B. Tujuan
Mata
pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis
dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3. Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4. Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar
Kelas
1, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati
dalam kemajemukan keluarga
|
1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
1.2
Menceriterakan pengalaman diri
1.3
Menceriterakan kasih sayang
antar anggota keluarga
1.4
Menunjukkan sikap hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga
|
Kelas 1,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
2.1
Menceritakan kembali peristiwa penting yang
dialami sendiri di lingkungan keluarga
2.2
Mendeskripsikan letak rumah
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
Kelas
II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
|
1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda
berharga miliknya
1.2
Memanfaatkan dokumen dan
benda penting keluarga sebagai sumber cerita
1.3
Menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
|
Kelas
II, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2 Memahami kedudukan dan peran anggota
dalam keluarga dan lingkungan
tetangga
|
2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota
keluarga
2.2 Menceritakan pengalamannya dalam
melaksanakan peran dalam anggota keluarga
2.3
Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
Kelas
III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
1.1
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
1.2
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
1.3
Membuat
denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
1.4
Melakukan
kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
2.3
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
2.4 Mengenal sejarah uang
2.5
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
|
Kelas
IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami sejarah, kenampakan
alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
1.1 Membaca
peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala
sederhana
1.2
Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial dan budaya
1.3
Menunjukkan jenis dan persebaran
sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan
setempat
1.4
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
1.5
Menghargai
berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota,
provinsi) dan menjaga kelestariannya
1.6
Meneladani
kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya
|
Kelas
IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Mengenal sumber daya alam,
kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang
berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
2.2 Mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2.3 Mengenal perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
serta pengalaman menggunakannya
2.4
Mengenal permasalahan sosial
di daerahnya
|
Kelas
V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai berbagai
peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.1
Mengenal
makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.2
Menceriterakan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.3
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta
pembagian wilayah waktu di Indonesia
dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
1.4
Menghargai keragaman suku
bangsa dan budaya di Indonesia
1.5
Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Kelas
V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
|
2.1
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
2.2
Menghargai jasa dan peranan
tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
2.3
Menghargai jasa dan peranan
tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
2.4
Menghargai perjuangan para
tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
Kelas
VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami
perkembangan wilayah Indonesia,
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem administrasi wilayah
Indonesia
1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
1.3 Mengidentifikasi
benua-benua
|
Kelas
VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Memahami gejala alam yang
terjadi di Indonesia
dan sekitarnya
|
2.1
Mendeskripsikan
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
|
3.
Memahami peranan bangsa Indonesia di era global
|
3.1 Menjelaskan peranan Indonesia
pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa
Indonesia
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan
ekonomi antar bangsa
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar