RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : III /
1
Tema :
Kegiatan
Hari/Tanggal :
Selasa, 31 Agustus 2010
Alokasi waktu : 3 x
30 menit
(1 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
Matematika :
Bilangan
- Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
Ilmu Pengetahuan Alam:
Makhluk Hidup dan Proses
Kehidupan
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
KOMPETENSI DASAR
Matematika :
1.3. Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
Ilmu Pengetahuan Alam:
1.2. Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
INDIKATOR
Selesai pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
1.
Melakukan
perkalian sebagai penjumlahan berulang
2. Melakukan operasi hitung perkalian dengan
teknik
3.
Melakukan perkalian bilangan
satu angka dengan bilangan dua angka
4.
Menggolongkan hewan berdasarkan
tempat hidupnya
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan melihat contoh gambar
binatang, siswa mampu mengelompokkan hewan
yang hidup di darat.
2.
Dengan melihat contoh gambar
binatang, siswa mampu mengelompokkan hewan
yang hidup di air.
3.
Dengan bantuan gambar, siswa
diperkenalkan dengan hitung perkalian sebagai penjumlahan berulang.
4.
Dengan diberi contoh soal,
siswa mampu melakukan operasi hitung perkalian dengan
teknik mendatar
5.
Dengan diberi contoh soal,
siswa mampu melakukan operasi hitung perkalian dengan
teknik bersusun panjang
6.
Dengan diberi contoh soal,
siswa mampu melakukan perkalian bilangan satu angka dengan bilangan dua angka.
II. MATERI POKOK
MATEMATIKA : Operasi hitung perkalian dan
pembagian
IPA : Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Kelas
|
Waktu
|
||
1
|
Kegiatan Awal
·
Salam
·
Doa
·
Absensi
·
Apersepsi
Guru
mengucapkan salam dan menanyakan kabar hari ini serta mengajak bernyanyi
bersama
·
Eksplorasi
materi
Guru mengulas kembali materi yang telah dibahas sebelumnya
berkaitan dengan materi
·
Eksplorasi
tujuan
Guru menjelaskan tujuan belajar yang akan dicapai dan langkah yang harus
dilakukan siswa selama proses belajar
|
3
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Siswa dibagi menjadi 6
kelompok
·
Guru menunjukkan contoh gambar
binatang berdasarkan tempat hidupnya
·
Siswa secara berkelompok
menuliskan beberapa nama binatang berdasarkan tempat hidupnya
·
Posisi duduk siswa
dikembalikan seperti semula.
·
Siswa dikenalkan operasi
hitung perkalian menggunakan bantuan gambar
·
Guru memberi contoh cara
penyelesaian perkalian sebagai penjumlahan berulang
·
Guru menuliskan beberapa
latihan soal untuk dikerjakan siswa
·
Guru menunjuk beberapa siswa
mengerjakan soal di papan tulis selanjutnya mencocokkan bersama-sama
·
Guru menjelaskan cara
perkalian dengan teknik mendatar dan bersusun panjang
·
Guru menunjuk beberapa siswa
mengerjakan soal perkalian di papan tulis
·
Guru memberikan kesempataqn
siswa untuk bertanya materi yang belum dimengerti
·
Guru membagikan soal untuk
dikerjakan siswa secara individu
·
Setelah selesai mengerjakan,
pekerjaan siswa ditukar dengan teman sebangku
·
Guru dan siswa secara bersama-sama
mencocokkan pekerjaan yang telah dikerjakan
|
3
|
65 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
·
Siswa diberi kesempatan untuk
menanyakan materi yang belum jelas
·
Guru mengadakan refleksi tentang hasil belajar yaitu menanyakan kesan
dan pesan dari siswa sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran
berikutnya
|
3
|
15 menit
|
IV. METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN :
Pemberian tugas, Tanya jawab,
MODEL PEMBELAJARAN :
Tematik
V. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·
MEDIA
-
Gambar
penggolongan hewan
-
Lembar kerja siswa
·
SUMBER BELAJAR
-
Buku Matematika kelas III
-
Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas
III
VI. PENILAIAN
a.
Prosedur : Proses
dan Produk
b.
Jenis penilaian : Test
c.
Teknik penilaian
: tulis, lisan,
d.
Bentuk penilaian
: Subjektif
e.
Alat penilaian : Soal, Kunci jawaban dan standar
penskoran, dan rubrik
Blitar, .............................
|
LAMPIRAN
·
RANGKUMAN MATERI
·
MEDIA PEMBELAJARAN
·
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
·
SOAL,
KUNCI JAWABAN, PEDOMAN PENSKORAN
·
LEMBAR
PENGAMATAN
·
RUBRIK
PENILAIAN
LAMPIRAN 1
RANGKUMAN MATERI
Untuk mempermudah melakukan perkalian maka
harus diperhatikan!
·
Satuan dengan satuan
·
Puluhan dengan puluhan
·
Ratuasan dengan ratusan
·
Ribuan dengan ribuan
Untuk melakukan penjumlahan kita juga dapat memanfaatkan teknologi
kalkulator.
Cara hitung perkalian menggunakan penjumlahan
berulang
Cara hitung perkalian dengan cara mendatar
Cara hitung perkalian dengan cara bersusun panjang
MEDIA PEMBELAJARAN
v Pak Andi
mempunyai 6 ekor sapi dan dikalikan 3 untuk memenuhi kandang sapinya. Berapa
jumlah sapi Pak Andi setelah dikalikan?
|
|||||||||
|
|||||||||
3 +
3 + 3 + 3 + 3 +
3 = 18
v Roni
mempunyai 5 ekor ikan di kolam lalu ikannya dikalikan 3. berapa jumlah ikan roni seluruhnya?
|
|
||||||||
2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10
Selesaikan soal-soal di bawah
ini dengan benar!
1. 5 x 4 = ... + ... + ... +
... + ...
= ....
2.
8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 = ... x ... =
....
3.
7 x 9 = 9 x ....
4.
( 4 x 5 ) x 3 = ... x ( ... x ... )
... x ... = ...
x ...
... = ...
LAMPIRAN 3
KUNCI JAWABAN
1. 5 x 4 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4
= 20
2.
8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 = 7 x 8 = 56
3.
7 x 9 =
9 x 7
4.
( 4 x 5 ) x 3 = 4 x ( 5 x 3 )
20 x 3 = 4 x 15
60
= 60
5.
6 x 28 = 6 x ( 20 + 8 )
= ( 6 x 20 ) + ( 6 x 8 )
= 120
+ 48
= 168
6.
73 x 5 = ( 70
+ 3 ) x 5
= (70 x 5 ) + ( 3 x 5 )
= 350 + 15
= 365
7.
7 x 38 = 7 x (
30 + 8 )
= (7 x 30 ) + ( 7 x 8 )
= 210 + 56
= 266
|
|
8.
43
4 x
12
240 +
252
PENGAMATAN LATIHAN SOAL
Mata Pelajaran : …………… Semester
: ……………
Pokok Bahasan : …………… Pelaksanaan Tanggal : ……………
Sub Pokok Bahasan : ....................
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
||
Keaktifan (30)
|
Sikap (30)
|
Kekompakan (40)
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Skore maksimum = 10
Postingannya sangat membantu gan
BalasHapussedang cari referensi rpp matematika tematik kelas 3 SD dan ternyata ketemu blognya mas erwin
semoga semakin bermanfaat (y)
(Y)
BalasHapus