Rabu, 21 Maret 2012

RANCANGAN PEMBELAJARAN DESAIN PEMBELAJARAN IPS SD MODEL ASSURE


Desain Pembelajaran model ASSURE Mata pelajaran IPS Kelas IV

Langkah-langkah ASSURE model
Analyze Learners
Siswa kelas IV SD merupakan tahap operasional konkret dengan kisaran usia 9 – 12 tahun menurut teori Piaget. Karakteristik anak kelas IV SD adalah senang melakukan belajar dengan melakukan sesuatu kegaiatan (learning by doing). Pada tahap ini siswa melalui mengasimilasi (menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran) dan akomodasi (proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek). Kedua proses tersebut jika berlangsung terus menerus akan membuat pengetahuan lama dan pengetahuan baru menjadi seimbang. Dengan cara seperti itu secara bertahap anak dapat membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungannya
Pada usia ini anak sudah mulai mampu berpikir logis dalam bentuk sederhana, anak sudah menyadari adanya masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang, dan juga anak sudah mampu mengimajinasikan sesuatu, meskipun biasanya masih memerlukan bantuan objek-objek kongkret. Dalam hal ini Keterampilan berfikir logis dan kritis serta mampu menanggapi permasalahan atau  peristiwa yang ada di lingkungan sekitar amat diperlukan dalam pengembangan pembelajaran.

States Objectives
Langkah kedua dari model ASSURE adalah menetapkan tujuan pembelajaran. Hasil belajar apa yang diharapkan dapat siswa capai? Lebih tepatnya, kemampuan baru apakah yang harus dimiliki siswa setelah proses pembelajaran. Objectives adalah sebuah pernyataan tentang apa yang akan dicapai, bukan bagaimana untuk mencapai. Pernyataan tujuan harus spesifik. Tujuan pembelajaran hendaknya mengandung unsur ABCD.

Standar Kompetensi   :
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi
Kompetensi Dasar       :
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.

Indikator :
·         Menjelaskan pengertian aktivitas ekonomi
·         Menyebutkan macam-macam mata pencaharian berdasarkan kenampakan alam yang ada di daerahnya
·         Menyebutkan hasil dari kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya

Tujuan pembelajaran   :
§  Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian aktivitas ekonomi dengan benar
§  Melalui mengidentifikasi media, siswa dapat menyebutkan macam-macam mata pencaharian dengan benar
§  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi berdasarkan kenampakan alam dengan benar
§  Melalui pengamatan lingkungan, siswa dapat menuliskan hasil dari kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya dengan benar.
§  Melalui pengamatan lingkungan, siswa mampu membuat laporan pengamatan sederhana tempat sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk aktivitas ekonomi di lingkungan sekitar

Select Methods, Media, and Materials
Suatu rencana yang sistematik dalam penggunaan media dan teknologi tentu menuntut agar metode, media dan materinya dipilih secara sistematis pula. Proses pemilihannya melibatkan tiga langkah.
1.      Memilih Metode
Metode ceramah adalah metode memberikan uraian atau penjelasan kepada siswa untuk menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan kata lain metode ini adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada siswa.
Metode Tanya jawab dilakukan dalam bentuk sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa, terutama oleh siswa dari guru, tetapi ada pula dari siswa kepada guru. Hal ini digunakan untuk memberikan pemahaman (kognitif) siswa untuk materi yang membutuhkan pemahaman siswa
Metode diskusi adalah suatu cara mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya. Tujuan berdiskusi pada pembelajaran ini yaitu mendidik siswa untuk berfikir dan memecahkan masalah secara bersama-sama sebagai bentuk dari nilai karakter yang ingin diterapkan oleh guru.
Metode pemberian tugas merupakan suatu cara mengajar dengan cara memberikan sejumlah tugas yang diberikan guru kepada murid dan adanya pertanggungjawaban terhadap hasilnya.dalam pembelajaran ini siswa secara berkelompok ditugaskan untuk observasi langsung ke lingkungan masyarakat untuk mendapatkan kompetensi yang relevan. Hal ini sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD adalah senang melakukan belajar dengan melakukan sesuatu kegaiatan (learning by doing) selai itu guru juga mempunyai tujuan lain selain yaitu penanaman nilai karakter yang harus di miliki oleh siswa.

2.      Memilih Format Media
Pada kegiatan pembelajaran menggunakan model ASSURE, media yang digunakan berupa:
    1. Peta Kabupaten Blitar
    2. Gambar aktivitas ekonomi
    3. Lingkungan sekitar

3.      Materi pembelajaran    :
§  Aktivitas ekonomi dengan memanfaatkan kenampakan alam pada peta
§  Mata pencaharian masyarakat berdasarkan kenampakan alam pada peta
§  Kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar

Utilize Media and Materials
Langkah berikutnya adalah penggunaan media dan bahan ajar oleh siswa dan guru. Melimpahnya ketersediaan media dan bergesernya filsafat dari belajar yang berpusat pada guru ke siswa meningkatkan kemungkinan siswa akan menggunakan bahan ajarnya sendiri.
Sebelum dimulainya pembelajaran guru mengkondisikan kelas senyaman mungkin sehingga siswa akan merasa nyaman dan aman dalam mengikuti pembelajaran. Langkah kedua yaitu guru mempersiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran yaitu Peta dan Gambar. Peta di pajang di depan kelas agar semua siswa bisa melihat dan mengamati dengan jelas. Media gambar selain dipajang di depankelas juga ada beberapa yang dibagikan kepada tiap kelompok untuk diidentifikasi.
langkah selanjutnya yaitu guru menyiapkan bahan ajar yang sudah dibuat sebelumnya berdasarkan kondisi siswa dan lingkungan yang ada. Bahan ajar yang disiapkan sebelumnya antara lain materi pembelajaran, RPP dan tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh siswa.

Require Learner Participation
Partisipasi berisi  kegiatan siswa dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan. Sebelum masuk kedalam kelas siswa dibiasakan (disiplin) berbaris rapi di depan kelas lalu secara bergiliran masuk ke dalam kelas dengan terlebih dahulu menghormati guru yang ada di depan pintu dengan mencium tangan (santun). Guru mengkondisikan kelas sampai siswa siap dalam belajar (nyaman). Pada kegatan awal guru melakukan apersepsi dengan menanyakan keadaan siswa serta menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran.
Pada kegiatan inti siswa dan guru melakukan tanya jawab sehubungan dengan pengertian kegiatan ekonomi dimaksudkan untuk menumbuhkan sikap afektif dan kognitif siswa. Selanjutnya siswa dibentuk kelompok heterogen maksimal 4 anak untuk mengerjakan tugas kelompok dengan mengidentifikasi media gambar dan peta selanjutnya mengasimilasi yaitu menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran dan akomodasi yaitu proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek selain itu guru bertujuan untuk membentuk nilai karakter demokratis, menghargai prestasi dan bersahabat antar siswa. Selanjutnya perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain berkewajiban menanggapi. Nilai karakter yang ingin dimunculkan pada persentasi kelompok yaitu nilai toleransi, komunikatif dan tanggung jawab. Selanjutnya siswa dan guru menyamakan persepsi.
Tahan akhir siswa bersama guru melakukan tanya jawab sehubungan dengan kompetensi yang diperoleh siswa pada saat pembelajaran. Selanjutnya siswa diberikan tugas pengamatan secara kelompok ke lingkungan sekitar sehubungan dengan materi yang telah dipelajari untuk dikumpulkan dan dipersentasikan pada pertemuan selanjutnya. Pada kegiatan pengamatan ini guru bertujuan untuk siswa mampu mengkonstruksi konsep sehingga mampu mengkaitkan dengan kehidupan nyata selain itu guru bertujuan untuk siswa bisa menumbuhkan nilai karakter antara lain jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Evaluate and Revise
Komponen terakhir model ASSURE untuk pembelajaran yang efektif adalah evaluasi dan revisi.
  • Mengukur prestasi siswa
Penilaian terhadap siswa dilakukan oleh guru mulai dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran.

LEMBAR AKTIVITAS SISWA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS

No
Nama siswa
Aspek yang diamati
Jumlah skor
nilai
Kerjasama
Ide
Keaktifan
Komunikatif
0
1
2
3
0
1
2
3
0
1
2
3
0
1
2
3


























































































































Kriterian penilaian:
Kerjasama
Nilai 0 = jika siswa tidak bisa bekerjasama dalam kelompok
Nilai 1 = jika siswa kurang bisa bekerjasama dalam kelompok
Nilai 2 = jika siswa cukup bisa bekerjasama dalam kelompok
Nilai 3 = jika siswa bisa bekerjasama dengan baik dalam kelompok
Ide/ gagasan
Nilai 0 = jika siswa tidak memberikan ide dalam diskusi
Nilai 1 = jika siswa tidak tepat dalam memberikan ide dalam mengkontruksi pengetahuan dan mengaitkan gagasan siswa dengan informasi baru
Nilai 2 = jika siswa memberikan ide dalam mengkontruksi pengetahuan tetapi kurang tepat mengaitkan gagasan siswa dengan informasi baru.
Nilai 3 = jika siswa memberikan ide dalam mengkontruksi pengetahuan dan mengaitkan gagasan siswa dengan informasi baru dengan benar
Keaktifan
Nilai 0 =  jika siswa tidak aktif dalam menentukan alternatif pemecahan masalah
Nilai 1 =  jika siswa kurang aktif menentukan alternatif pemecahan masalah
Nilai 2 =  jika siswa cukup aktif menentukan alternatif pemecahan masalah
Nilai 3 =  jika siswa aktif dalam menentukan alternatif pemecahan masalah
Komunikatif
Nilai 0 =  jika siswa tidak mengkomunikasikan hasil, hanya ramai sendiri.
Nilai 1 =  jika siswa tidak dapat menggunakan bahasa dengan runtut, menghargai pendapat, menyampaikan ide serta mengkomunikasikan hasil.
Nilai 2 =  jika siswa kurang mampu menggunakan bahasa dengan runtut, menghargai pendapat, menyampaikan ide serta mengkomunikasi-kan hasil.
Nilai 3 =  jika siswa dapat menggunakan bahasa dengan runtut, menghar-gai pendapat, menyampaikan ide serta mengkomunikasikan hasil.

  • Mengevaluasi media dan metode.
Untuk mengevaluasi metode dan media pembelajaran bisa digunakan diskusi kelas, wawancara perorangan dan pengamatan perilaku siswa. Mengevaluasi media dilakukan pada akhir pembelajaran untuk melihat ketercapaian pesan untuk memantapkan pengetahuan siswa. Sebagai media haruslah menarik siswa untuk memiliki rasa ingin tahu sebagai salah satu nilai karakter yang ingin dimunculkan oleh guru. Media peta dimungkinkan untuk siswa berpartisipasi aktif dalam mengidentifikasi. Apabila siswa kurang memahami maksud dari media maka harus merubah atau memperbaiki media pembelajaran sehingga mampu menyampaikan pesan isi media.
Mengevaluasi metode guru bisa melakukan pada saat akhir pembelajaran dengan melakukan umpan balik. Selain itu guru juga dapat mengevaluasi metode yang diterapkan maka guru bisa mengidentifikasinya dengan suasana saat pembelajaran berlangsung dengan sikap siswa pada saat belajar apakah kondisi siswa jenuh, senang atau diam selain itu dari evaluasi yang dikerjakan oleh siswa. Apabila sebagian besar siswa menjawab dengan benar maka metode yang digunakan berhasil dan apabila banyak siswa yang kurang paham berarti ada yang tidak berhasil dari pembelajaran apakah media, model, materi atau permasalahan yang lain.
Penilain terhadap guru bisa dilakukan dengan merekam menggunakan video untuk dievaluasi oleh guru sendiri atau juga meminta partisipasi guru lain untuk melihat dan mengamati pembelajaran yang dikalukan oleh guru. Setelah semua evaluasi selesai dilakukan maka guru bisa mengambil keputusan berhasil atau tudaknya pembelajaran yang dilakukan, seandainya kurang berhasil maka perlu diadakannya revisi pada kesalahan yang telah teridentifikasi untuk pelaksanaan siklus pembelajaran selanjutnya.

3 komentar:

  1. Hmm it loоks like уour sitе atе my first commеnt (it was extrеmelу long) ѕo I guess
    I'll just sum it up what I submitted and say, I'm thoroughly
    enjoying your blog. I as ωell am an aѕpіring blog writer but I'm still new to everything. Do you have any suggestions for first-time blog writers? I'd certainlу аpрreciatе it.


    mу web site http://singletonranches.com/updates

    BalasHapus
    Balasan
    1. I was still new in the blog. but whatever it is that important how I write my thoughts on this website. The first thing I do is I write and then I move it to this page. that's it.

      Hapus
  2. We aare a bunch оf voluntеегs and startіng a
    new schеmе іn our communіty. Your
    website offereԁus wіth νaluable informаtion tο
    ωoгk on. Yοu hae done a foгmіdable task and our еntire
    community might be gratеful to you.

    Look аt my web pagе :: LED Puck Lights (sp1wiki.space-pioneers.eu)

    BalasHapus