Desain
Pembelajaran model ASSURE Mata pelajaran IPS Kelas IV
Langkah-langkah
ASSURE model
Analyze Learners
Siswa kelas IV SD merupakan tahap
operasional konkret dengan kisaran usia 9 – 12 tahun menurut teori Piaget. Karakteristik
anak kelas IV SD adalah senang melakukan belajar dengan melakukan sesuatu
kegaiatan (learning by doing). Pada
tahap ini siswa melalui mengasimilasi (menghubungkan objek dengan konsep yang
sudah ada dalam pikiran) dan akomodasi (proses memanfaatkan konsep-konsep dalam
pikiran untuk menafsirkan objek). Kedua proses tersebut jika berlangsung terus
menerus akan membuat pengetahuan lama dan pengetahuan baru menjadi seimbang.
Dengan cara seperti itu secara bertahap anak dapat membangun pengetahuan
melalui interaksi dengan lingkungannya
Pada usia ini anak sudah mulai mampu
berpikir logis dalam bentuk sederhana, anak sudah menyadari adanya masa lalu,
masa kini, dan masa yang akan datang, dan juga anak sudah mampu
mengimajinasikan sesuatu, meskipun biasanya masih memerlukan bantuan objek-objek
kongkret. Dalam hal ini Keterampilan berfikir logis dan kritis serta mampu
menanggapi permasalahan atau peristiwa
yang ada di lingkungan sekitar amat diperlukan dalam pengembangan pembelajaran.
States
Objectives
Langkah
kedua dari model ASSURE adalah menetapkan tujuan pembelajaran. Hasil belajar
apa yang diharapkan dapat siswa capai? Lebih tepatnya, kemampuan baru apakah
yang harus dimiliki siswa setelah proses pembelajaran. Objectives adalah
sebuah pernyataan tentang apa yang akan dicapai, bukan bagaimana untuk mencapai.
Pernyataan tujuan harus spesifik. Tujuan pembelajaran hendaknya mengandung
unsur ABCD.
Standar Kompetensi :
2. Mengenal sumber daya alam,
kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan
provinsi
Kompetensi
Dasar :
2.1
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi
lain di daerahnya.
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian aktivitas ekonomi
·
Menyebutkan macam-macam mata pencaharian berdasarkan kenampakan alam
yang
ada di daerahnya
·
Menyebutkan hasil dari kegiatan ekonomi yang
ada di daerahnya
Tujuan pembelajaran :
§ Melalui tanya jawab, siswa dapat
menjelaskan pengertian aktivitas ekonomi dengan benar
§ Melalui
mengidentifikasi media, siswa dapat menyebutkan macam-macam mata pencaharian
dengan benar
§ Melalui diskusi
kelompok, siswa dapat menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi berdasarkan kenampakan alam dengan
benar
§ Melalui pengamatan lingkungan, siswa dapat menuliskan hasil dari kegiatan ekonomi yang
ada di daerahnya dengan
benar.
§ Melalui pengamatan lingkungan, siswa mampu membuat laporan pengamatan sederhana tempat sumber daya alam yang dimanfaatkan
untuk aktivitas ekonomi di lingkungan sekitar
Select Methods,
Media, and Materials
Suatu
rencana yang sistematik dalam penggunaan media dan teknologi tentu menuntut
agar metode, media dan materinya dipilih secara sistematis pula. Proses pemilihannya
melibatkan tiga langkah.
1. Memilih
Metode
Metode ceramah adalah metode
memberikan uraian atau penjelasan kepada siswa untuk menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. Dengan kata lain metode ini adalah sebuah
metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan
kepada siswa.
Metode Tanya jawab dilakukan dalam
bentuk sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa, terutama oleh siswa
dari guru, tetapi ada pula dari siswa kepada guru. Hal ini digunakan untuk
memberikan pemahaman (kognitif) siswa untuk materi yang membutuhkan pemahaman
siswa
Metode diskusi adalah suatu cara
mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau
lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
Tujuan berdiskusi pada pembelajaran ini yaitu mendidik siswa untuk berfikir dan
memecahkan masalah secara bersama-sama sebagai bentuk dari nilai karakter yang ingin
diterapkan oleh guru.
Metode pemberian tugas merupakan suatu cara mengajar
dengan cara memberikan sejumlah tugas yang diberikan guru kepada murid dan
adanya pertanggungjawaban terhadap hasilnya.dalam pembelajaran ini siswa secara
berkelompok ditugaskan untuk observasi langsung ke lingkungan masyarakat untuk
mendapatkan kompetensi yang relevan. Hal ini sesuai dengan karakteristik
siswa kelas IV SD adalah senang melakukan belajar dengan melakukan sesuatu
kegaiatan (learning by doing) selai
itu guru juga mempunyai tujuan lain selain yaitu penanaman nilai karakter yang
harus di miliki oleh siswa.
2. Memilih
Format Media
Pada kegiatan pembelajaran
menggunakan model ASSURE, media yang digunakan berupa:
- Peta Kabupaten Blitar
- Gambar aktivitas ekonomi
- Lingkungan sekitar
3. Materi
pembelajaran :
§
Aktivitas
ekonomi dengan memanfaatkan kenampakan alam pada peta
§
Mata
pencaharian masyarakat berdasarkan kenampakan alam pada peta
§
Kegiatan
ekonomi di lingkungan sekitar
Utilize Media
and Materials
Langkah
berikutnya adalah penggunaan media dan bahan ajar oleh siswa dan guru.
Melimpahnya ketersediaan media dan bergesernya filsafat dari belajar yang berpusat
pada guru ke siswa meningkatkan kemungkinan siswa akan menggunakan bahan
ajarnya sendiri.
Sebelum
dimulainya pembelajaran guru mengkondisikan kelas senyaman mungkin sehingga
siswa akan merasa nyaman dan aman dalam mengikuti pembelajaran. Langkah kedua
yaitu guru mempersiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran yaitu
Peta dan Gambar. Peta di pajang di depan kelas agar semua siswa bisa melihat
dan mengamati dengan jelas. Media gambar selain dipajang di depankelas juga ada
beberapa yang dibagikan kepada tiap kelompok untuk diidentifikasi.
langkah
selanjutnya yaitu guru menyiapkan bahan ajar yang sudah dibuat sebelumnya
berdasarkan kondisi siswa dan lingkungan yang ada. Bahan ajar yang disiapkan
sebelumnya antara lain materi pembelajaran, RPP dan tugas-tugas yang akan
dikerjakan oleh siswa.
Require Learner
Participation
Partisipasi berisi
kegiatan siswa dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan. Sebelum masuk kedalam kelas siswa dibiasakan (disiplin) berbaris
rapi di depan kelas lalu secara bergiliran masuk ke dalam kelas dengan terlebih
dahulu menghormati guru yang ada di depan pintu dengan mencium tangan (santun).
Guru mengkondisikan kelas sampai siswa siap dalam belajar (nyaman). Pada
kegatan awal guru melakukan apersepsi dengan menanyakan keadaan siswa serta
menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran.
Pada kegiatan inti siswa dan guru melakukan tanya
jawab sehubungan dengan pengertian kegiatan ekonomi dimaksudkan untuk
menumbuhkan sikap afektif dan kognitif siswa. Selanjutnya siswa dibentuk
kelompok heterogen maksimal 4 anak untuk mengerjakan tugas kelompok dengan
mengidentifikasi media gambar dan peta selanjutnya mengasimilasi
yaitu menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran dan akomodasi
yaitu proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek
selain itu guru bertujuan untuk membentuk nilai karakter demokratis, menghargai prestasi dan bersahabat antar
siswa.
Selanjutnya perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan
kelompok lain berkewajiban menanggapi. Nilai karakter yang ingin dimunculkan
pada persentasi kelompok yaitu nilai toleransi, komunikatif dan tanggung jawab. Selanjutnya
siswa dan guru menyamakan persepsi.
Tahan
akhir siswa bersama guru melakukan tanya jawab sehubungan dengan kompetensi
yang diperoleh siswa pada saat pembelajaran. Selanjutnya siswa diberikan tugas
pengamatan secara kelompok ke lingkungan sekitar sehubungan dengan materi yang
telah dipelajari untuk dikumpulkan dan dipersentasikan pada pertemuan
selanjutnya. Pada kegiatan pengamatan ini guru bertujuan untuk siswa mampu
mengkonstruksi konsep sehingga mampu mengkaitkan dengan kehidupan nyata selain
itu guru bertujuan untuk siswa bisa menumbuhkan nilai karakter antara lain jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli
sosial, dan tanggung jawab.
Evaluate and
Revise
Komponen
terakhir model ASSURE untuk pembelajaran yang efektif adalah evaluasi dan revisi.
- Mengukur prestasi siswa
Penilaian
terhadap siswa dilakukan oleh guru mulai dari awal pembelajaran sampai akhir
pembelajaran.
LEMBAR AKTIVITAS
SISWA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah skor
|
nilai
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Ide
|
Keaktifan
|
Komunikatif
|
||||||||||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
0
|
1
|
2
|
3
|
0
|
1
|
2
|
3
|
0
|
1
|
2
|
3
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriterian
penilaian:
Kerjasama
Nilai 0 = jika siswa
tidak bisa bekerjasama dalam kelompok
Nilai 1 = jika siswa
kurang bisa bekerjasama dalam kelompok
Nilai 2 = jika siswa
cukup bisa bekerjasama dalam kelompok
Nilai 3 = jika siswa
bisa bekerjasama dengan baik dalam kelompok
Ide/ gagasan
Nilai 0 = jika siswa
tidak memberikan ide dalam diskusi
Nilai 1 = jika siswa
tidak tepat dalam memberikan ide dalam mengkontruksi pengetahuan dan mengaitkan
gagasan siswa dengan informasi baru
Nilai 2 = jika siswa
memberikan ide dalam mengkontruksi pengetahuan tetapi kurang tepat mengaitkan gagasan
siswa dengan informasi baru.
Nilai 3 = jika siswa
memberikan ide dalam mengkontruksi pengetahuan dan mengaitkan gagasan siswa
dengan informasi baru dengan benar
Keaktifan
Nilai 0 = jika siswa tidak aktif dalam menentukan
alternatif pemecahan masalah
Nilai 1 = jika siswa kurang aktif menentukan alternatif
pemecahan masalah
Nilai 2 = jika siswa cukup aktif menentukan alternatif
pemecahan masalah
Nilai 3 = jika siswa aktif dalam menentukan alternatif
pemecahan masalah
Komunikatif
Nilai 0 = jika siswa tidak mengkomunikasikan hasil,
hanya ramai sendiri.
Nilai 1 = jika siswa tidak dapat menggunakan bahasa
dengan runtut, menghargai pendapat, menyampaikan ide serta mengkomunikasikan hasil.
Nilai 2 = jika siswa kurang mampu menggunakan bahasa
dengan runtut, menghargai pendapat, menyampaikan ide serta mengkomunikasi-kan
hasil.
Nilai 3 = jika siswa dapat menggunakan bahasa dengan
runtut, menghar-gai pendapat, menyampaikan ide serta mengkomunikasikan hasil.
- Mengevaluasi media dan metode.
Untuk
mengevaluasi metode dan media pembelajaran bisa digunakan diskusi kelas,
wawancara perorangan dan pengamatan perilaku siswa. Mengevaluasi media
dilakukan pada akhir pembelajaran untuk melihat ketercapaian pesan untuk
memantapkan pengetahuan siswa. Sebagai media haruslah menarik siswa untuk
memiliki rasa ingin tahu sebagai salah satu nilai karakter yang ingin
dimunculkan oleh guru. Media peta dimungkinkan untuk siswa berpartisipasi aktif
dalam mengidentifikasi. Apabila siswa kurang memahami maksud dari media maka
harus merubah atau memperbaiki media pembelajaran sehingga mampu menyampaikan
pesan isi media.
Mengevaluasi
metode guru bisa melakukan pada saat akhir pembelajaran dengan melakukan umpan
balik. Selain itu guru juga dapat mengevaluasi metode yang diterapkan maka guru
bisa mengidentifikasinya dengan suasana saat pembelajaran berlangsung dengan
sikap siswa pada saat belajar apakah kondisi siswa jenuh, senang atau diam
selain itu dari evaluasi yang dikerjakan oleh siswa. Apabila sebagian besar
siswa menjawab dengan benar maka metode yang digunakan berhasil dan apabila
banyak siswa yang kurang paham berarti ada yang tidak berhasil dari
pembelajaran apakah media, model, materi atau permasalahan yang lain.
Penilain
terhadap guru bisa dilakukan dengan merekam menggunakan video untuk dievaluasi
oleh guru sendiri atau juga meminta partisipasi guru lain untuk melihat dan
mengamati pembelajaran yang dikalukan oleh guru. Setelah semua evaluasi selesai
dilakukan maka guru bisa mengambil keputusan berhasil atau tudaknya pembelajaran
yang dilakukan, seandainya kurang berhasil maka perlu diadakannya revisi pada
kesalahan yang telah teridentifikasi untuk pelaksanaan siklus pembelajaran
selanjutnya.
I was still new in the blog. but whatever it is that important how I write my thoughts on this website. The first thing I do is I write and then I move it to this page. that's it.
BalasHapusWe aare a bunch оf voluntеегs and startіng a
BalasHapusnew schеmе іn our communіty. Your
website offereԁus wіth νaluable informаtion tο
ωoгk on. Yοu hae done a foгmіdable task and our еntire
community might be gratеful to you.
Look аt my web pagе :: LED Puck Lights (sp1wiki.space-pioneers.eu)