RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas/Semester :
V/ 1
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Hari/Tanggal :
Selasa, 28 September 2010
Alokasi waktu :
2 x 35 menit
(1 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
Menulis
4. Mampu menulis karangan dalam berbagai ragam
bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa
KOMPETENSI DASAR
1. Menulis kalimat
INDIKATOR
Selesai pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
1. Menulis kalimat yang mengandung peribahasa.
2. Mengartikan kalimat peribahasa dengan tepat.
3. Memberikan contoh kalimat peribahasa
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan diberikan
contoh oleh guru, siswa dapat menulis kalimat yang mengandung peribahasa dengan
benar.
2.
Dengan
mengerjakan soal, siswa mampu mengartikan kalimat peribahasa dengan benar.
3.
Dengan
mengerjakan soal, siswa mampu menuliskan contoh kalimat peribahasa dengan
benar.
II. MATERI POKOK
Bahasa Jawa : Peribahasa
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Kelas
|
Waktu
|
||
1
|
Kegiatan Awal
·
Salam
·
Absensi
·
Apersepsi
Menanyakan kabar hari ini
·
Eksplorasi
materi
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini
·
Eksplorasi
tujuan
Guru menjelaskan tujuan belajar yang akan dicapai dan langkah kegiatan
belajar yang dilakukan siswa
|
Klasikal
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan Inti
·
Guru
menjelaskan materi peribahasa
·
Guru
menunjukkan media contoh peribahasa beserta antinya dan gambar untuk
memantapkan konsep siswa
·
Guru
memberikan contoh cara membaca bahasa jawa yang benar
·
Siswa memperhatikan dan menirukan guru
·
Guru
membagikan LKS untuk dikerjakan
·
Siswa mengerjakan LKS yang diberikan oleh guru
·
Guru dan siswa secara
bersama-sama mencocokkan hasil pekerjaan siswa
·
Siswa bergantian menuliskan
hasil pekerjaan didepan kelas untuk melengkapi paribahasa yang belum
dituliskan.
·
Siswa yang belum maju kedepan
diberi kesempatan maju kedepan kelas untuk mengartikan peribahasa yang telah
dituliskan oleh siswa.
·
Siswa mengumpulkan LKS yang
telah selesai dicocokan untuk dinilai
|
Klasikal
Individu
Individu
Individu
|
50 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
·
Guru bersama siswa membuat
kesimpulan hasil belajar
·
Guru memberikan penguatan
kepada siswa atas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·
Guru mengadakan refleksi tentang hasil belajar yaitu menanyakan kesan
dan pesan dari siswa sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran berikutnya
·
Ucapan salam
|
Klasikal
|
10 menit
|
IV. METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Pemberian
tugas, Tanya jawab,
Model Pembelajaran : Student Active Learning (SAL)
V. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·
MEDIA
-
Contoh
peribahasa
-
Gambar
yang berhubungan dengan peribahasa
·
SUMBER BELAJAR
·
Yustin, dkk.
2008. Sinau Basa Jawa Kangge Kelas 5
Sekolah Dasar. Klaten: Intan Pariwara
VI. PENILAIAN
a.
Prosedur : Proses
dan Produk
b.
Teknik penilaian
: tulis, lisan,
c.
Bentuk penilaian
: Subjektif
d.
Alat penilaian : LKS, kunci jawaban LKS, lembar
pengamatan dan lembar hasil
Blitar, .............................
|
LAMPIRAN
·
RANGKUMAN MATERI
·
MEDIA PEMBELAJARAN
·
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
·
KUNCI
JAWABAN LKS
·
PEDOMAN
PENSKORAN
·
LEMBAR
PENGAMATAN
RANGKUMAN MATERI
PARIBASAN
Paribasan iku unen-uneng kang ajeg panganggonemawa
teges entar lan ora ngemu surasa pephindhan. Paribasan iki unen-unen kang wis
gumathok racikane lan mowo teges tartemtu. Dhapukaning paribasan awujud ukara
utawa kumpulaning tembung (frase), lan kalebu boso pinathok. Racikaning tembung
ora owah, surasa utowo tegese uga gumathok, lumrahe ateges entar. Tegese tembung lumereg, gumantung sorasa lan
karep kang kinandhut ing unen-unen. Paribasan ngemu teges tetandhingan,
pepindhan, utawa pepiridan (saemper pasemon) kang disemoni manungsa, ulah
kridaning manungsa, utawa sesambunganing manungso lan alam uripe.
TULADHA PARIBASAN
- Adhang-adhang tetese embun
Tegese njagakake barang mung sakoleh-olehe bae
- Anak polah bopo kepradhah
Tegese wong tuwo nemu alangan amarga saka polahe
anake
- Ana gula ana semit
Tegese panggonane sing akeh
rejekine, mesti akeh sing nekani
- Becik ketitik, ala ketara
Becik lan ala bakal ketara ing tembe mburi
- Desa mawa cara, negara mawa tata
Saben panggonan dhuwe cara utawa adat dhewe-dhewe
- Durung pecus keselek besus
Durung sembada nanging kepingin sing ora ora-ora
- Emban cindhe emban siladan
Pilih kasih ora adil
- Isuk dhele sore tempe
Wong kang ora tetep atine
Media
Pembelajaran
LEMBAR KERJA SISWA
Nama : .....................
I. Cocokno
peribasan-peribasan ing ngisor iki, pilihen salah sijining tembung sing
cumawis!
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Golekana tegese paribasan ing
ingisor iki !
1. Ngenteni timbule watu item.
tegese ....
2. Rawe-rawe rantas,
malang-malang putung. tegese ….
3. Rukun agawe santoso, crah
agawe bubrah. tegese ….
4. Sadhumuk bathuk sanyari
bumi. tegese ….
5. Ula marani gebuk. tegese….
Kunci jawaban LKS
I. Nyocokne paribasan
1.
Batok bolu isi madu
2.
Anak polah bapa kepradah
3. Dhemit ora ndulit, setan ora doyan
4. Dom sumuruping banyu
5. Durung pecus keselek besus
6. Golek uceng kelangan dheleg
7. Arep nangkane emoh puluthe
8. Jarit luwasing sampiran
9. Kacang mongso ninggala lanjaran
10. Kebo nusu gudel
II. Tegese paribasan
1. Ngenteni barang sing tangeh kelakon
2. Kabeh sing ngalang-ngalangi disingkiraken
3. Kerukunan ngadekake santoso, congkrah
ngadekake karusakan
4. Nglabuhi pati marang bebener
5. Njarak marang bebaya
LEMBAR PENGAMATAN
Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total Skor diperoleh
|
Nilai
|
||||||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Ketepatan
|
||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
Diskriptor
1.
Keaktifan
a. Aktif bertanya sesuai dengan materi yang
diajarkan
b. Aktif menjawab pertanyaan yang diberikan
2.
Kerjasama
a. Melakukan diskusi dalam mengerjakan tugas
kelompok
b. Menghargai pendapat teman 1 kelompok
3.
Ketepatan
a. Benar dalam menjawab pertanyaan secara lisan
b. Benar dan tepat dalam menjawab soal
B.
Kriteria Penilaian
·
Skor 3, jika 2 deskriptor tampak
·
Skor 2, jika 1 deskriptor tampak
·
Skor 1, jika tidak ada deskriptor tampak
Tabel Penilaian Hasil
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
|
|
|
Deskriptor
·
Penilaian hasil berdasar pada soal
·
Soal nomor 1 sampai 10 bagian I masing-masing nilainya 5
·
Soal nomor 1 sampai 5 bagian II masing-masing nilainya 10
·
Nilai maksimal 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar